Home / Ansoriana / 9 Universitas Pertama di Dunia

9 Universitas Pertama di Dunia

Kejayaan sebuah peradaban dapat dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan bangsanya. Semua itu dapat ditelusuri dari bukti sejarah yang masih dapat dilihat hingga kini. Harus diakui, umat Islam telah menjadi pelita dunia selama ratusan tahun sebelum kemudian tenggelam.


Kejayaan peradaban umat Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan zaman dahulu memang mendominasi. Dalam konteks ini, universitas adalah salah satu unsur penting yang patut dijadikan ukuran. Dari sembilan universitas tertua di dunia, pendirian tiga kampus di antaranya didominasi oleh umat Islam. Berikut ini adalah 9 universitas tertua seperti dikutip dari www.collegestats.org.

  1. UNIVERSITAS AL-QARAWIYYIN

Universitas ini oleh orang Barat disebut dengan Al-Karaouine yang terletak di Fes, Maroko. Berawal dari sebuah masjid yang didirikan pada tahun 245 H/859 M oleh Fatimah binti Mohamed Al-Fahri. Fatimah dan saudaranya Mariam adalah dua perempuan terdidik yang mewarisi harta yang melimpah dari sang ayah. Fatimah lalu menggunakan warisannya untuk membangun sebuah masjid. Nama masjid diambil dari nama asal ayah Fatimah, yakni kota al-Qairawan.

Universitas ini pun mendapat rekor dunia dari Guinness Book of World Records pada tahun 1998 kategori universitas tertua yang menawarkan gelar sarjana. Sebelumnya, Majalah Time edisi 24 Oktober 1960 secara menarik menuliskan kisah berdirinya Universitas Al-Qarawiyyin dalam tulisan berjudul Renaissance in Fez. Di dalamnya termuat bahwa al-Qarawiyyin telah memiliki peran besar bagi perkembangan Eropa, sebab banyak ilmuan muslim maupun non muslim yang belajar di universitas ini kemudian melakukan pencerahan bagi masyarakat Eropa pada abad ke-15 M.

  1. UNIVERSITAS AL AZHAR

Nama universitas yang terletak di Kairo, Mesir, ini tidak asing lagi bagi kaum muslim Indonesia. Mulanya universitas ini berawal dari masjid yang dibangun oleh Bani Fatimiyah yang menganut mazhab Syi’ah Ismailiyah.

Sebutan Al-Azhar mengambil dari nama Sayyidah Fatimah az-Zahra, putri Nabi Muhammad. Masjid ini dibangun sekitar tahun 970-972 dan memulai pelajaran pada Ramadlan atau Oktober 975 M, ketika Ketua Mahkamah Agung Abul Hasan Ali bin Al-Nu’man mengajar dari buku “Al-Ikhtisar” mengenai topik yurisprudensi Syi’ah.

Madrasah yang terhubung dengan masjid ini kemudian dibangun pada tahun 988. Belakangan, universitas ini menjadi sekolah bagi kaum Sunni menjelang abad pertengahan dan terus terpelihara hingga saat ini.

  1. UNIVERSITAS NIDZAMIYAH

Perguruan ini didirikan oleh Nidzam al-Mulk, perdana menteri pada kesultanan Seljuk pada masa Malik Syah, pada tahun 1066/1067 M. Ketika itu, lembaga pendidikan ini hanya ada di Kota Baghdad, ibu kota dan pusat pemerintahan Islam pada waktu itu. Kemudian, berkembang ke berbagai kota dan wilayah lain. Di antaranya di Kota Balkh, Nisabur, Isfahan, Mowsul, Basra, dan Tibristan. Dan, kota-kota ini menjadi pusat studi ilmu pengetahuan dan menjadi terkenal di dunia Islam pada masa itu.

Menurut sejarawan Philip K. Hitti, Madrasah Nizamiyah merupakan contoh awal dari perguruan tinggi yang menyediakan sarana belajar yang memadai bagi para penuntut ilmu.

  1. UNIVERSITAS BOLOGNA

Universitas ini adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di belahan dunia Barat pada tahun 1088, di Bologna, Italia. Universitas Bologna termasuk universitas yang berada di peringkat atas hingga masa perang dunia kedua. Hingga saat ini, Universitas Bologna masih dianggap sebagai salah satu universitas yang maju dalam hal sistem pendidikan di Eropa.

  1. UNIVERSITAS PARIS

Universitas ini sering disebut sebagai Universitas Sorbonne. Tidak jelas siapa pendiri universitas di ibu kota Prancis ini. Namun, proses belajar mengajar di universitas ini telah berlangsung sejak 1096. Kemudian, terjadi reorganisasi menjadi 13 universitas otonomi pada tahun 1970. Seringkali disebut sebagai Sorbonne setelah College de Sorbonne yang didirikan sekitar tahun 1257. Universitas ini berkembang pada akhir abad 12 di wilayah Katedral Notre Dame sebagai sebuah pusat pembelajaran bidang seni, kedokteran, hukum, dan teologi.

  1. UNIVERSITAS OXFORD

Kapan tepatnya universitas yang terletak di kota Oxford, Inggris, ini dibangun juga tidak jelas. Secara formal disebutkan dibangun pada tahun 1096. Universitas ini berkembang pesat sejak tahun 1167, saat Henry II melarang pelajar Inggris untuk belajar ke Universitas Paris. Universitas Oxford sempat ditutup dua kali. Pertama, pada tahun 1209 dan tahun 1355 karena kerusuahn St Scholastica. Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini, memiliki 38 jurusan dengan struktur internalnya masing-masing.

  1. UNIVERSITAS MONTPELLIER

Universitas ini terletak di kota Montpellier, Prancis. Diyakini, usia universitas ini jauh lebih tua dari tanggal pendiriannya pada tahun 1150. universitas ini dikenal sebagai sekolah kedokteran tertua di dunia barat.

  1. UNIVERSITAS CAMBRIDGE

Universitas yang terletak di kota Cambridgeshire, Inggris, ini dikenal sebagai universitas berbahasa Inggris tertua kedua setelah Oxford. Universitas ini dibentuk oleh para sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford selama terjadi sengketa tahun 1209.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain. Keduanya dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris, bahkan di dunia.

  1. UNIVERSITAS SALAMANCA

Universitas ini terletak di kota Salamanca, Spanyol yang didirikan pada 1218 dan memperoleh gelar universitas oleh Paus Alexander IV pada tahun 1225. Awalnya, Universitas Salamanca didirikan oleh Raja Alfonso IX Leonese untuk memberikan kesempatan pada masyarakat Leonese untuk belajar, daripada pergi untuk belajar di Castile. Saat ini, Salamanca tetap menjadi universitas pilihan bagi siswa Spanyol yang ingin fokus pada humaniora dan studi bahasa.

Itulah fakta tentang sembilan universitas tertua di dunia. Jika topiknya diganti menjadi sembilan universitas terbaik di dunia, tentu urutannya menjadi berbeda.

*) Dimuat di Majalah AULA Edisi Januari 2012

About dosi

Check Also

Baritim Jatim Investigasi Kawasan Industri Maritim Lamongan

Surabaya – Ansor Online Banser Maritim (Baritim) Jatim terus melakukan konsolidasi gerakan dalam upaya mengembalikan kejayaan laut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *