Home / Berita / Baritim Jatim Investigasi Kawasan Industri Maritim Lamongan

Baritim Jatim Investigasi Kawasan Industri Maritim Lamongan

Surabaya – Ansor Online

Banser Maritim (Baritim) Jatim terus melakukan konsolidasi gerakan dalam upaya mengembalikan kejayaan laut Indonesia. sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan pesisir, masyarakat nelayan dan kelestarian bahari.

“Tekat dan komitmen kader banser maritim untuk menjaga serta mengawal kedaulatan laut indonesia, khususnya di Jawa Timur  merupakan tugas utama banser maritim,” ucap M Alaik Sa’dullah, kepala satuan khusus Banser Maritim saat kunjungan gerakan dan investigasi di kawasan industri Maritim dan nelayan Lamongan (20/3/2017).

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memiliki potensi untuk tumbuh menjadi kawasan industri maritim baru. Posisinya yang berada di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa dengan panjang pantai mencapai 47 km dan kedalaman 12 meter menjadi keuntungan alamiah bagi daerah ini.

Kedekatan dengan kota terbesar kedua setelah Jakarta itu memudahkan arus distribusi barang dan jasa dari Lamongan ke daerah lain di luar Jawa Timur, bahkan akses ke luar negeri pun cukup terbuka lebar.

Melihat potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan pada tahun 2009 menetapkan Kawasan Industri Maritim (KIM) Lamongan seluas ± 450 ha yang meliputi empat desa di Kecamatan Paciran, yakni Desa Kemantren, Desa Sidokelar, dan Desa Tlogosadang.

KIM terdiri dari industri galangan kapal dan sebuah pelabuhan umum, serta merupakan pengembangan dari pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya yang sudah tidak mampu lagi menampung kapal-kapal yang rusak untuk diperbaiki, sehingga dialihkan perbaikannya di KIM.

Jenis jasa industri yang dilayani di pelabuhan KIM Lamongan adalah migas, batu bara, pulp, kapur, dan barang pengeboran perminyakan (offshore,  jasa pelabuhan umum.

Selain itu perusahaan ini juga bergerak di sektor industri pergudangan, bongkar muat barang, bengkel reparasi kontainer, dan pengolahan air laut menjadi air tawar untuk memenuhi kebutuhan kapal.

696f6605-5fed-4416-a9c8-4616020c2518

Peran strategis pelabuhan tersebut adalah mendukung logistik perusahaan-perusahaan migas di Jatim dan kawasan timur Indonesia.

“Baritim Jatim sedang melakukan investigasi, sejauh mana industrialisasi Maritim di kawasan lamongan memberi kemaslahatan bagi masyarakat nelayan dan efek pencemaran lingkungan lainnya,” tegas Alaik.

“Hasil dari kunjungan gerakan dan investigasi lapangan akan segera kami sampaikan demi kesejahteraan masyarakat pesisir dan upaya menjaga kedaulatan laut di Jatim,” pungkas Alaik.

 

About dosi

Check Also

Sekelumit Cerita Kiai Hasyim tentang Ansor dan Banser

Oleh: M. Mahfud MD   Rabu, 15 Maret 2017, pukul 08.30, dua hari yang lalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *