Home / Kajian / Pseudo pergerakan?

Pseudo pergerakan?

Ketika kita bergerak dalam dan atas nama semangat dan nilai tertentu, keraguan kerap kali hadir dan muncul. Ini karena sulitnya memastikan “siapa bermain apa, untuk siapa, bagaimana dan mengapa” yang secara sirkumtansial mendorong munculnya gerakan kita tadi. Seiring dunia berada dalam pengaruh satu, dua, dan tiga kekuatan hegemonik, kita tidak tahu sebenarnya pergerakan kita ini dalam skema dan skenario kekuatan yang mana.

Kita tidak yakin bahwa pergerakan kita adalah mandiri. Saya yakin kaum pergerakan yang sadar menyadari hal ini terjadi. Sebagai¬† penggerak ormas level cabang kabupaten, saya kerap diselubungi perasaan ini. Jangan-jangan pergerakan ini adalah dalam skema besar kapitalisme, sosialisme, zionisme, wahabisme, syi’ishme, dll.

Keraguan dan akhirnya memunculkan kecurigaan ini wajar. “Saya berfikir maka saya ada” yang sekarang ini sebagai manifes kewarasan berfikir kaum intelek dan penggerak bisa juga diganti “saya curiga maka saya ada”. Bukankah tafsir kecurigaan adalah awal mula pemikiran menjadi benar? Bukankah ini bisa juga diadaptasikan dengan sifat mausuf pergerakan kita menuju pola gerakan yang benar pada dirinya sendiri.

Dengan demikian, kalaupun ada kekuatan yang menghegemoni, paling tidak kita bisa melakukan bargaining atas target dan penetrasi mereka akan gerakan yang kita jalankan. Bravo pergerakan! Bravo PC Ansor Kabuputen Ngawi.

About mase

Check Also

Ansor, Resolusi Jihad dan Hari Santri (1)

Pasca Proklamasi 17 Agustus 1945, Pemerintah¬† Inggris melakukan kesepakatan dengan Kerajaan Belanda, persetujuan tanggal 24 …

2 comments

  1. Saya ga tahu istilah apa yg pas utk mendiskripsikan gairah pergerakan seoarang saya, yg saya yakini adalah saya sudah merasa puas di dalam Gerbong GP Ansor, tanpa pertimbangan yg rumit krn saya percaya dan cukup sudah mempunyai pimpinan yg layak utk dipatuhi, bahkan saya sudah merasakan saya adalah santri GP Ansor dan Mahsun Fuad + Abidullah adalah Kyai saya. Tak peduli apa kata dunia, krn inilah dunia saya.

  2. Sipp…… Pergerakan yg sejati adlh pergerakan dimana tidak ada kepentingan pribadi atau golongan… Namun smua yg kita lakukan semata2 hnya untuk mencari ridho, amal ibadah kita untuk kehidupan stlah kematian… Yg mana sudah dituangkan dlm Firmam Allah. Allah memberi akal d fikiran yg tak bertepi untuk mengkaji d mencari solusi dlm smua permasalahan didlm pergerakan .sertakan Allah dlm langkah d pergerakan kita agar tidak sia2…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *